Tuesday, August 23, 2016

Review Belajar Cepat Menulis Abjad Jilid 1-4

elsunny :: Review Belajar Cepat Menulis Abjad Jilid 1-4

Panduan Bagi Pengajar dan Orangtua Dalam Pembelajaran Menulis Untuk Anak

Menulis merupakan kebutuhan yang utama dalam dunia pendidikan karena hampir semua ilmu pengetahuan diketahui melalui media tulisan, untuk itu sudah seharusnya bagi orang tua dan pendidik untuk mengajarkan latihan menulis sejak dini sebagai bekal untuk meraih cita-cita dalam membantu mereka menyerap informasi dunia luar maupun dalam proses belajar mengajar yang dituangkan ke dalam tulisan, maka dari itu buku “Belajar Cepat Menulis Abjad Jilid 1-4” ini kami susun sebagai materi dasar belajar menulis bagi anak-anak usia dini.

Buku belajar cepat menulis abjad jilid 1-4 diajarkan kepada anak-anak mulai usia dini dengan mengenalkan dasar-dasar membuat huruf mulai dari bentuk garis datar, tegak, miring, menyambung bentuk, Membuat kurva, menyambung kurva. Hingga membuat dasar-dasar bentuk bulat serta menggabungkan dengan obyek yang lain. Dalam praktek pembelajaran diharapkan kepada para pendidik dan orangtua untuk memperhatikan kemampuan anak dengan mengajarkan materi mulai yang paling mudah, untuk itu perlu dilakukan beberapa tindakan agar tercapai keberhasilan belajar cepat menulis abjad:

1. Kondisikan suasana belajar dalam suasana bermain, karena anak-anak dalam usia ini masih suka dan senang bermain.
2. Jangan memarahi dan memaksakan anak untuk belajar yang akan menyebabkan sulit berpikir karena tidak bisa konsentrasi dengan adanya tekanan atau ketakutan dalam belajar, jika terpaksa untuk memberikan hukuman perhatikan kondisi anak agar tidak menyebabkan trauma dan tidak mau belajar.
3. Berikan pujian dan doa kebaikan untuk memotivasi anak lebih semangat belajar serta berikan hadiah yang akan memotivasi anak semangat belajar.
4. Berikan motivasi yang baik ketika si anak enggan untuk belajar dan jangan memberikan janji yang tidak ditepati karena si anak akan terdidik dengan kebohongan.
5. Jangan menghukum anak di depan umum ketika salah dalam belajar karena akan mengakibatkan si anak minder dan tidak mau belajar .
6. Jangan menakut-nakuti anak didik dengan sesuatu hal yang tidak nyata yang akan melemahkan mental dan penakut serta tidak berani melakukan pekerjaan kecuali dengan ditemani orang lain.
7. Berikan penjelasan kepada anak dalam praktek menulis dengan memberikan contoh terlebih dahulu.
8. Posisikan alat tulis dengan tepat ketika menulis dengan memberi petunjuk kepada anak ketika memegang alat tulis.
9. Berikan si anak tempat duduk yang nyaman untuk menulis.
10. Posisikan cara duduk yang benar kepada anak agar tidak terbiasa duduk semaunya yang akan mengakibatkan pembentukan tulang terutama tulang belakang bermasalah ketika sudah besar, upayakan si anak duduk dengan posisi lurus.
11. Latihlah si anak untuk menulis dengan posisi kepala tidak bertelekan atau sambil tiduran.
12. Berikan peralatan tulis menulis yang aman agar terhindar dari cedera ketika belajar, misalnya alat untuk meraut pensil menggunakan cutter atau pisau dan ujung pensil yang terlalu runcing.
13. Upayakan jarak pandang yang baik antara mata dan media untuk menulis agar tidak terjadi gangguan penglihatan karena sering melihat benda dekat atau terkena benda asing dari peralatan tulis menulis.
14. Berikan contoh membuat garis dengan mengikuti arah panah dalam bentuk garis tipis, menghubungkan titik, dan membuat garis sebagai latihan pada kolom paling bawahnya.
15. Ilustrasi dalam buku menggunakan gambar benda-benda yang sering dilihat di sekolah, di rumah, di jalan, maupun media yang sering dijumpai, berikan penjelasan gambar berserta fungsinya, dan sesekali tanyakan gambar dan fungsinya kepada anak agar sianak tidak jenuh belajar.

0 comments:

Post a Comment

Komentar Anda kami moderasi sebelum ditampilkan, hati-hatilah karena di samping Anda ada malaikat yang mencatat semua yang Anda kerjakan. Pertimbangkan baik buruknya bagi Anda di dunia dan akhirat.